Ronald Iing Gandeng Bawor dan Ketua Penggerak PKK Banyumas Peduli Warga Terdampak Covid-19

Reportase.tv, Banyumas – Setelah berhasil mengkumpulkan 18 Juta Rupiah hasil dari penggalangan Donasi melalui live streaming Fcebook untuk para pekerja seni, Ronald Iing Bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Erna Husain membagikan 200 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 Sabtu (30/05/2020). Pembagian paket sembako ini terbilang Unik karena melibatkan tokoh wayang yang sekaligus menjadikan maskot Kabupaten Banyumas. Tokoh wayang yang dimaksud adalah Bawor atau Ki Lurah Carub Bawor tokoh wayang Banyumasan. Masyarakat Banyumas sendiri, sangat menyukai kemunculan Bawor dalam setiap pagelaran wayang kulit.

Dalam kesempatan ini Bawor dengan tubuh besar di perut tampak ada sebilah Kudi ikut turun membagikan paket sembako. Tak Heran kemunculan tokoh wayang yang satu ini mengundang gelak tawa warga penerima paket sembako.

Aksi berbagi paket sembako ini merupakan wujud kepedulian para pekerja seni di Kota Purwokerto yang juga terimbas wabah Covid-19. “Alhamdulillah setelah menggelar live music streaming dengan durasi 1 jam banyak donasi yang masuk baik uang, barang hingga ternak. Maka dari itu para pekerja seni tergerak ingin membantu sesama, mudah-mudahan bermanfaat,”kata Ronald Iing kepada reportase.tv.

“Dalam kondisi saat ini, masyarakat sangat membutuhkan (bantuan sembako). Hari ini kita bagikan paket sembako dari rumah ke rumah untuk menghindari adanya kerumunan. Mari kita bahu membahu melawan wabah ini dengan cara pakai masker jika ke luar rumah, cuci tangan pakai sabun serta dibiasakan hidup sehat,” ujar Iing.

Wabah COVID-19 ini, secara ekonomi, sangat dirasakan oleh masyarakat, terutama para pekerja informal seperti tukang becak, sopir angkot, serta para seniman yang menggantungkan hidupnya di panggung event dan hajatan. Saya selaku pemeran bawor ikut dalam gerakan sosial bagikan sembako, diharapkan bisa menghibur dan meringankan beban masyarakat.”kata Yusup Gunawan.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Erna Husein, mengucapkan terimakasih kepada Ronald Iing dan komunitasnya, yang sangat luar biasa memiliki jiwa sosial telah peduli terhadap warga di tengah pandemi COVID-19. Menurutnya, bantuan paket sembako ini, pasti akan bermanfaat, terlebih dalam kondisi sulit seperti saat ini.

“Bakti sosial ini, kata Erna Husein, Istri Bupati Banyumas tidak banyak berbincang dan mendengarkan aspirasi warga, Melainkan sosialisasi hidup sehat, paket masker dan cuci tangan pakai sabun. Masa pandemi Covid-19 tidak boleh berkerumun, saat memberikan paket sambil menyapa sebentar,” ringkasnya. (kus)