Rp 904 Juta Dialokasikan Untuk Pilkades Serentak Digelar di 9 Desa Maret 2020

Reportase.tv, Purbalingga – Pemkab bersama DPRD Purbalingga telah mengalokasikan anggaran Rp 904.436.000 untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020. Anggaran tersebut telah masuk di APBD tahun 2020.

“Alokasi anggaran tersebut digunakan masing-masing untuk monitoring dan pembinaan pengawas Pilkades di Kecamatan, pengamanan serta bantuan pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa,” kata Ketua DPRD Purbalingga HR Bambang Irawan, dalam Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Ruang Rapat Ardi Lawet, kompleks Setda Purbalingga, Selasa (7/1).

Terkait pelaksanaan Pilkades, pihaknya berharap agar segenap yang terlibat di dalamnya bisa mencermati Perda dan Perbup. Dengan demikian saat pelaksanaan tahapan Pilkades bisa sesuai dengan aturan.

“Pilkades itu sarana pemersatu bukan malah memecah. Oleh karena itu kondusivitas perlu dijaga saat pelaksanaan Pilkades,” tandasnya.

Sementara itu, asisten pemerintahan dan Kesra Sekda Purbalingga, R. Imam Wahyudi mengatakan, 9 desa yang melaksanakan Pilkades adalah Karangmiri, Palumutan dan Muntang di Kecamatan Kemangkon, Kalitinggar Kidul di Kecamatan Padamara, Banjaran di Kecamatan Bojongsari, Lumpang serta Maribaya di Kecamatan Karanganyar, Mangunnegara di Kecamatan Mrebet, Pangempon di Kecamatan Kejobong.

“Desa tersebut mengalami kekosongan kepala Desa dan diisi oleh penjabat Kades sejak Desember 2019 lalu. Kades di Sembilan Desa tersebut telah habis masa tugasnya. Sehingga di Maret mendatang akan diadakan Pilkades di Sembilan Desa tersebut,” katanya. (Kus)