Rumah Makan Ikan Dewa, Destinasi Wisata Alam di Kaki Gunung Slamet

BANYUMAS, REPORTASE.TV – Libur panjang natal tahun baru dan liburan sekolah banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya obyek wisata rumah makan ikan dewa di desa Karang Tengah Kecamatan Cilongok Banyumas Jawa Tengah.

Tempat ini tak hanya menyajikan dan menikmati menu makanan saja melainkan wisata alamnnya. Mendengar nama tempatnya saja sudah unik,  yaitu wisata rumah makan ikan dewa.

Restro ini sekaligus tempat wisata karena selain berada di lingkungan alam juga bisa melihat ikan ikan berukuran besar yang kerap disebut ikan dewa atau tor soro.

Lokasi rumah makan ikan dewas ini berada di kaki gunung slamet tepatnya di pinggir jalan raya desa Karang Tengah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Lokasi restro ini strategis karena tak jauh dengan obyek wisata Curug Cipendok.

Di tempat ini tersedia gasebo yang berada di pinggir sawah pengunjung bisa menikmati pemandangan luas hamparan sawah dan pegunungan yang merupakan kaki gunung slamet. Satu lagi pengunjung bisa melihat dan memberi makan ratusan ikan yang berada di kolam tersebut.

Selain makanan khas Banyumas pengunjung juga bisa memesan sup ikan dewa. Meski sedikit mahal namun rasa sup ini sangat khas dan punya nilai tersendiri jika bisa menyantapnya. Ada juga ikan dewa bakar dan pepes ikan dewa. Harga sop ikan dewa ditentukan sesuai bobot satu ons 100 ribu rupiah.

Makanan khas yang harganya terjangkau juga tersedia seperti sayur jantung dan pecak pisang sayur daun ketela mendoan dan makanan gorengan lainnya. Erna husen salah satu penikmat sop ikan dewa ini mengaku banyak ditemui menu makanan yang khas dan tradisional.

“saya sudah sering ke sini dan tempatnya mengasikan,menu makanan traidisional termasuk sop ikan dewannya,” ujar Erna Husen pengunjung.

“selain menikmati kedindahan alam pedesaan,banyak ditawarkan pengunujung resto antara lain, berbagai sayuran yang khas,makan makanan ini sudah jarang ditemui,” kata bing Urip Hartotoyo pemilik rumah makan ikan dewa.

 

Hal ini menjadi perhatian pemerintah setempat, kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas menyambut baik adanya Destinasi Wisata di wilayahnya.

“Adanya destinasti di desa Karang Tengah ini menambah Destinasti wisata yang ada di Kabupaten Banyumas.ditempat ini menawarkan wisata kuliner dan wisata buatan yang dikemas dengan alam dan bisa menikmati makanan makanan banyumas. Rumah makan ikan dewa bisa diakses melalui informasi wisata dan aplikasi “Inyong bing” untuk memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung,” terang Kusumandani asisten Dinporabudpar Kabupaten Banyumas.

Tunggu apalagi….? jika anda penasaran silahkan berkunjung sebelum liburan panjang ini selesai. Rumah makan ikan dewa yang berada sekitar 6 kilometer dari kota purwokerto. (kus)