Sambangi DPRD, Kapolda Metro Utarakan Rencana Pembangunan Kampung Tangguh

Reportase.tv, Jakarta – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Amran mendatangi DPRD DKI, Kamis (26/11). Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan rencananya untuk membangun kampung tangguh.

“Saya ingin membangun kampung tangguh di Jakarta. Tentunya butuh bantuan dukungan biaya, dari situ mungkin DPRD DKI bisa mengalokasikan anggaran untuk memberdayakan masyarakat,” ujar Fadil di kantor DPRD DKI Jakarta.

Dengan melibatkan DPRD, Fadil yakin, pembangunan kampung tangguh akan maksimal. Kampung tangguh sendiri merupakan proyek Forkopimda, pihak swasta dan segenap elemen masyarakat.

Nantinya, kampung tangguh akan dibuat berdasarkan RW. Fokus dari kampung tangguh sendiri ialah lebih memaksimalkan lagi pencegahan Covid-19.

“Target pertamanya adalah satu, bagaimana kita menghadapi Covid. Kedua, bagaimana kita mengelola dampak sosial ekonominya. Kalau dia menggunakan konsep kampung tangguh maka dia akan lebih bisa dipertanggungjawabkan karena melibatkan warga,” paparnya.

Selain upaya edukasi pencegahan Covid-19, kata Fadil, kampung tangguh juga memiliki sejumlah tujuan lain. Kampung tangguh diharapkan dapat memaksimalkan pencegahan radikalisme, intoleransi, dan narkoba.

“Kita bisa mengoptimalkan agar wilayah itu menjadi aman, bebas narkoba, bebas hoaks, bebas radikalisme, intoleransi dan sebagainya. Insya Allah nanti akan berjalan saya yakin bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.