Sambut Hari Kemerdekaan, Puluhan Pecandu Narkoba Ikuti Lomba 17an

Reportase.tv- Purbalingga, Menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74, Pondok Pesantren Nurul Ichsan Al Islami, lakukan kegiatan lomba makan kerupuk dan estafet tepung. Uniknya, para peserta lomba merupakan pasien rehabilitasi pecandu narkoba. Sebanyak puluhan pasien pecandu narkoba di Ponpes tersebut mengikuti sejumlah lomba yang diadakan itu.

Ponpes Nurul Ichsan Al Islami Desa Karangsari Kecamatan Kalimanah Purbalingga Kamis (15/19) Menggelar Lomba makan kerupuk dan estafet tepung. Kegiatan ini Di ikuti Puluhan Pasien Pecandu Narkoba, Tak heran Kegiatan ini mengundang grlak tawa. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hut Kemerdekaan RI ke 74.


Salah satu Pasien pecandu Narkoba Bernama Agung mengaku kesulitan saat lomba makqn kerupuk di mulai. “Sangat sulit saat lomba makan kerupuk karena kaki di ikat dengan tali. meski demikan, saya sangat senang sekali bisa memenangkan lomba makqn kerupuk untuk memeriahkan hut kemerdekaan RI.

Usai Lomba makan Kerupuk di lanjutkan lomba estafet tepung di lokasi yang sama yaitu makom yang rimbum dengan di kelilingi pohon mahoni dan albasia. Tepuk sorak dan gelak tawa kembali mewarnai lomba yang pesertanya adalah pasien pecandu narkoba di Ponpes Rehabilitasi Narkoba Nurul Ichsan al-islami Desa Karangsari Kaoimanah.

Lomba ini selain memeriahkan hut kemedekaan RI, Lomba ini menjadi salah satu terapi para pasien pecandu narkoba di ponpes ini. Semua pasien di bulan agustus ini wajib mengikuti rangkaian lomba pitulasan setahun sekali. Yang jelas kegiatan ini menjadi manfaat bagi pasien pecandu narkoba. jelas achmad ichsan

Pesantren ini, para pecandu narkotika melakukan proses detoksifikasi dengan cara merebuskan diri dalam sebuah tong dengan menggunakan ramuan herbal dan metode relijius.

“Dalam metode penyembuhannya ada tiga metode yang digunakan, pertama menggunakan ramuan herbal yang untuk diminum, kemudian kekuatan reliji melalui doa dan juga merendam atau menggodok diri dalam ramuan serta doa khusus,” kata Achmad Ichsan yang dikenal dengan sebutan Kiai Godok.Kusworo