Satu Pelaku Pencurian Motor Sadis Ditembak Mati, Biasa Beraksi di Cikarang

Reportase.tv, Jakarta – Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap lima pelaku komplotan pencuri sepeda motor, yang biasa melakukan aksinya di kawasan Cikarang, Bekasi. Dari lima pelaku, tiga di antaranya pelaku pencurian berinisial ACS (24), MY (18) dan HS (26), dan dua penadah berinisial MT (31) dan D (26).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, komplotan ini termasuk sadis dan tidak segan melukai korbannya jika melawan. Saat melakukan aksinya, satu pelaku mengambil motor korban, sementara dua lainnya mengawasi keadaan di sekitar lokasi.

“Dalam melakukan aksinya, pelaku membekali diri dengan senjata api rakitan dan tidak segan melukai korban apabila aksinya diketahui,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/11).

Yusri menjelaskan, saat polisi melakukan pengembangan guna memburu pelaku lainnya, pelaku ACS melakukan perlawanan. Terpaksa polisi melakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku.

“Petugas mengambil tindakan tegas dan terukur terhadap ACS. Akibatnya tersangka meninggal dunia karena kehabisan darah pada saat dibawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Dari setiap unit sepeda motor, kata Yusri, pelaku menjualnya seharga Rp 1,5 hingga Rp 3,8 juta tergantung unitnya. Saat ini polisi masih memburu pelaku berinisial I, yang bertugas sebagai penadah.

“Para pelaku pencuri menjual sepeda motor hasil curian kepada MT dan D, selanjutnya MT dan D menjual kembali kepada penadah I,” katanya.

Dalam kasus ini, polisi juga turut menyita sejumlah barang bukti. Adapun barang bukti yang berhasil disita antara lain dua unit sepeda motor, satu pucuk senjata api rakitan dengan lima peluru, dan kunci letter T.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dan atau pasal 480 KUHP dengan pidana maksimal penjara selama 9 tahun.