SDM Unggul Ditengah Merebaknya Covid-19

Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pamulang Kota Tangerang Selatan. ( Foto/dok )

Oleh : Dr. Endang Sugiarti, S.E., M.M
Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pamulang

Ditengah-tengah maraknya berita mengenai virus corona, kita dihadapkan pada kondisi yang tidak seperti biasa, kelumpuhan diberbagai aspek kehidupan dialami oleh semua umat manusia, tak jarang dari para pejabat, hingga masyarakat biasa merasakan dampak yang luar biasa akibat dari mewabahnya virus Corona (COVID-19) ini.

Kita menghadapi pada suatu kondisi melawan virus yang tak kasat mata, yang kita sendiri tdak tahu akan keberadaanya disekitar kita, oleh karena itu banyak himbauan baik dari pemerintah pusat maupun pmerintah daerah untuk membatasi segala aspek kehidupan sosial apa lagi yang bersifat berkerumun.

Kebijakan tersebut akhirnya berdampak pada peliburan sekolah, kampus, kantor, dan perusahaan-perusahaan, namun ada juga dampak yang dirasa begitu menyakitkan bagi sebagian orang yakni di PHK dari tempat kerja, miris rasanya memang.

Namun, sebagai praktisi pendidikan kita harus saling support satu dengan lainnya, dengan tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap masyarakat khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa, serta semua steakholder yang terlibat didalamnya.

Sumber Daya Manusia yang unggul akan mampu mengatasi segala cobaan dan kesulitan yang dialami oleh suatu bangsa, sebagaimana kita ketahui bahwa Sumber Daya Manusia adalah sumber daya yang sangat penting bagi perekonomian. Dimana SDM menjadi kunci keberhasilan roda perekonomian suatu bangsa. Oleh karena itu, ditengah terjangan virus Corona (Covid-19) ini, kita tetap memprioritaskan SDM unggul yaitu SDM yang kreatif dan inovasi serta terus bersaing untuk memantaskan diri sehingga dapat mengatasi permasalahan perekonomian dari dampak adanya wabah virus Corona (Covid-19) ini. Terdapat berbagai hal atau tips yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan sumber daya yang unggul ditengah wabah virus Corona (Covid-19), diantaranya :

Pertama, Tetap melek pada teknologi, Kita tidak dapat pungkiri bahwasannya teknologi merupakan senjata satu-satunya untuk bersosialisasi dengan orang lain maupun menjalankan roda kehidupan saat ini, seperti para pelajar dan mahasiswa yang dapat memanfaatkan internet sebagai pengganti perkuliahan tatap muka dikelas, sehingga walaupun virus ini melanda, namun proses pembelajaran masih tetap berlangsung, namun jika seseorang tidak melek teknologi bagaimana dia bisa mengikuti perkuliahan atau pembelajaran daring yang dilaksanakan di kampus atau sekolahnya masing-masing.

Kedua, Penguatan peran agama dalam kehidupan sosial bermasyarakat, dalam rangka memperkokoh jati diri dan kepribadian bangsa.Agama merupakan tolak ukur yang mengatur tingkah laku penganutnya dalam kehidupan sehari-hari. Agama mengajarkan kebaikan pada segala aspek kehidupan, diantaranya : kejujuran, toleransi, tolong menolong pada sesama, seperti halnya pada kasus yang sedang melanda yakni wabah Corona (Covid-19) ini, kita disarankan untuk saling membantu sesama.

Ketiga, Meningkatkan skill baik pengetahuan maupun ketrampilan, dengan mengikuti pelatihan atau seminar secara online, Kesempatan bagi kita semua saat ini dengan adanya wabah Corona ini banyak kampus-kampus dan perusahaan-perusahaan mengadakan seminar atau training online yang intinya dapat meningkatkan skill kita guna menuju SDM yang unggul, hal itu didukung dengan adanya pemberian sertifikat sebagai legalisasi sudah mengikuti seminar atau pelatihan, oleh karena itu ditengah-tengah mewabahnya virus ini pasti ada jalan keluar yang bisa kita lakukan atau ada terobosan baru yang dapat kita kerjakan.

Keempat, Semangat kewirausahaan, Semangat keriwausahaan juga menjadi modal utama untuk meningkatkan SDM yang unggul, kenapa demikian, karena melalui semangat kewirausahaan seseorang dapat membaca peluang berwirausaha diberbagai macam situasi dan kondisi yang ada. Seperti ditengah wabah ini, jika seseorang memiliki semangat berwirausaha pasti akan dapat menghasilkan pundi-pundi uang dengan berwirausaha, contohnya ikut memproduksi masker dan kaostangan atau handsanitizer yang kemudian didistribusikan. Tanpa adanya semangat kewirausahaan tidak mungkin seseorang tersebut akan berwirausaha, malah akan cenderung untuk menjadi konsumen saja. Oleh karena itu SDM yang unggul harus memiliki jiwa berwirausaha.

Semoga tips mengenai meningkatkan SDM yang unggul ditengah wabah korona ini dapat menginspirasi semua orang supaya kita mampu bangkit dan tidak terlarut dengan keadaan yang sulit seperti sekarang ini, kedepan jika kita sudah mempraktikan berbagai hal di atas, dengan situasi yang sudah berubah pasti menjadikan seseorang menjadi lebih baik dan pastinya memiliki SDM yang semakin unggul.