Sejumlah Anggota Satpas Polres Probolinggo Kota Diberikan Sangsi, Mengapa?

Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol. Teguh Santoso, saat melakukan pengecekan alat protokol kesehatan di Kantor Satpas Polres Probolinggo Kota.

Reportase.TV- Probolinggo, Akibat kurang memperhatikan prasarana dalam penerapan protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid-19, dalam pelayanan masyarakat di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas)Polres Probolinggo Kota, sejumlah anggota , dikenakan sangsi disiplin oleh Petugas Penindakan Disiplin, saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak). Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa siang (18/08/20) itu, dilakukan secara mendadak tanpa diketahui oleh satu anggota pun.

Kedatangan Tim Penindakan Disiplin yang di pimpin Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Teguh Santoso, didampingi Kasi Propam Polres setempat, mengunjungi Kantor Satpas Polres Probolinggo Kota, yang berada di Jalan Brantas, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, sungguh membuat kaget seluruh anggota yang tengah bertugas pada saat itu.

Pasalnya, kedatangan Wakapolresta tersebut, bukan dalam kunjungan kerja biasa, melainkan menjadi Petugas Penindakan Disiplin dalam melakukan sidak dan penhecekan alat protokol kesehatan, dikantor pelayanan masyarakat yang menangani danĀ  pengurusan SIM,Laka Lantas dan tilang, dibawah naungan Satlantas Polres Probolinggo Kota, untuk kesiapan anggotanya dalam penerapan protokol kesehatan ditengah pandemi covid-19.

Selain sidak, petugas penegakan disiplin itu juga melakukan pengecekan bilik sterilisasi, tempat cuci tangan, meja pelayanan, serta prosedur protokol kesehatan terhadap pengunjung maupun petugas.

Dalam sidak dan pengecekan alat- alat penerapan protokol kesehatan tersebut, Ketua tim yang dipimpin Wakapolresta Kompol Teguh Santoso, menemukan beberapa pelanggaran, diantaranya, bilik sterilisasi tidak berfungsi, tempat cuci tangan tidak tersedia sabun, serta tidak terpasangnya plastik pembatas pada meja pelayanan.

Dampaknya, beberapa anggota yang tengah piket saat itu, langsung diberikan tindakan sangsi lisan, dan sangsi fisik dengan melakukan push up. Tindakan sangsi itu diberikan karena anggota tersebut, dianggap tidak peduli akan kesehatan, terutama dalam penanganan dan pengendalian covid-19.

Menurut Kompol Teguh Santoso, Wakapolres Probolinggo Kota, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari INPRES no 6 tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan GakkumProtokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, serta menjalankan Surat Telegram Kapolri, tentang petunjuk pelaksanaan INPRES no 6 tahun 2020.

Atas petunjuk Kapolresta saya ditugaskan untuk menjadi Petugas Penindakan Disiplin, sasarannya salah satu tempat yang kita tuju di kantor satpas ini. Hasilnya, kita menemukan kurang maksimalnya dalam penanganan dan pengendalian Covid-19.

“Kita langsung memberikan tindakan disiplin berupa teguran lisan dan fisik berupa push up. Tidak hanya itu, nanti Kasat Lantas dan Perwira di Satlantas akan kita tegur agar seluruh anggotannya melakukan penerapan protokol kesehatan terutama pada alat- aalat yang sudah tersedia dikantor tersebut”. Ujar Teguh, usai memberikan tidakan disiplin terhadap anggota satpas.

Kegiatan ini akan terus dilakukan secara bertahap ke seluruh polsek dan kantor fasilitas umum dibawah naungan Polres Probolinggo Kota. (Phan)