SeLiP Segera Gelar Gowes ‘Xplore Purwokerto 2019

Reportase.tv Purwokerto – SeLiP (Sepeda Lipat Purwokerto) akan menggelar event gowes nasional khusus sepeda lipat dengan nama Gowes ‘Xplore Purwokerto 2019. Kegiatan yang mengusung tema gowes jelajah alam, tempat wisata, kuliner dan kesenian itu akan digelar Sabtu, 9 November 2019 mendatang dengan Start dan finish di Pendapa Sipanji Purwokerto.

Penyelenggaraan Explore Purwokerto 2019, merupakan klimaks dari para pegiat sepeda lipat (Seli) yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Lipat (SELIP) Purwokerto, yang ingin memperkenalkan kota Purwokerto dan potensi alam yang ada di Kabupaten Banyumas dengan mengajak komunitas Seli di kota-kota lain di seluruh Indonesia untuk mencoba gowes bersama di wilayah Kabupaten Banyumas, sekaligus sebagai ajang silaturrahmi para penggemar Seli di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia Gowes ‘Xplore Purwokerto 2019, Adioz mengatakan panitia sudah menutup pendaftaran karena sudah terdaftar 673 pesepeda lipat dari berbagai kota di tanah air yang akan berpartisipasi. Mereka akan menempuh jarak kurang lebih 50 km dalam perjalanan mereka dimanjakan dengan jalur gowes di sekitar kota Purwokerto dengan pemandangan alam yang asri, diiringi dengan kesenian daerah dan akan mencicipi kuliner khas.

“SeLiP berkomitmen untuk menjadikan acara Explore Purwokerto 2019 penuh kenangan dan memuaskan hasrat para maniak Seli dengan tantangan jalur-jalur gowes yang atraktif dan menantang adrenalin serta penyelenggaraan yang apik, yang akan membuat peserta selalu kangen gowes di Purwokerto,” katanya.

Adioz menambahkan peserta akan mendapatkan jersey xplore lengan panjang, cycling cap, musette bag, biketag, gelang karet, souvenir mug xplore, asuransi, rehidrasi & makan besar selama event. Panitia juga menyiapkan doorprise dan hadiah menarik lainnya.

“Pengambilan Ridepack Di Hall Room Hotel Surya Yudha Jumat 8 Nopember 2019 Jam 14.00-20.00 WIB dilanjutkan dengan Nite Ride Tikum Di Hotel Surya Yudha hinggga pukul 21.00 WIB,” tambahnya

Start Gowes Xplore direncanakan Sabtu 9 Nopember 2019 pukul 07.15 WIB dari pendapa Sipanji kebarat akan melalui underpas Soedirman kebarat sampat Perempatan Pasar Kliwon Karanglewas ke utara sampai Kedungbanteng. Challenge yang akan dihadapi peserta adalah setelah gowes melewati Desa Keniten menuju Windujaya, dengan rute yang mulai menanjak namun disuguhi panorama kanan kiri sawah terasering dan sungai yang sangat sejuk dan asri.

Mulai challenge ini bagi peserta yang tidak kuat gowes menanjak wajib menuntun dan tidak boleh dipaksakan tetap gowes. Bagi yang lelah hingga tidak kuat menuntun, beristirahat-lah dan berselfie ria sambil menunggu untuk di evakuasi menggunakan mobil/motor yang telah disediakan.

Setelah Pitstop 1 – Lapangan Windujaya, peserta akan menghadapi challenge ‘Tanjakan Peninis’ dengan jarak +- 1 Km, panitia menyiapkan reward berupa uang tunai untuk beberapa peserta yang beruntung & berhasil melewatinya challenge ini. Namun bagi yang tidak kuat gowes menanjak dan tidak kuat untuk menuntun, bisa menunggu di Pitstop 1 untuk loading menggunakan mobil/motor.

Pitstop 2 – Curug Bayan menuju Pitstop 3, jalur gowes relatif menanjak ringan. Setelah Pitstop 3 – Telaga Sunyi, jalur gowes relatid datar dan lebih banyak turunan, pastikan peserta telah melakukan pengecekan kondisi pengereman sepeda lipatnya.

Peserta akan melewati jalur unik di daerah Limpakuwus sekitar 400 Meter dari Telaga Sunyi yaitu dikenal sebagai “Medan Magnet” (Kondisi jalan yang menurun namun sepeda bisa tertarik ke atas (mundur), Medan Magnet ini berjarak kurang lebih 100 Meter. (Kus/Sfy)