Sembilan Jam Diperiksa Polda Metro, Anies Mengaku Dicecar 33 Pertanyaan

Reportase.tv, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta selesai menjalani pemeriksaan yang dilakukan Ditreskrimum Polda Metro Jaya, terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di kediaman pentolan FPI, Habib Rizieq Syihab. Anies menjalani pemeriksaan selama kurang lebih sembilan jam.

“Alhamdulillah saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan baik,” ujar Anies di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (17/11) malam.

Terkait pertanyaan apa yang disampaikan penyidik, Anies enggan menjabarkannya. Namun ia mengaku, apa yang disampaikan sesuai fakta yang diketahuinya.

“Sebanyak 33 pertanyaan yang disampaikan, dan menjadikan sebuah laporan sepanjang 23 halaman. Semuanya sudah dijawab, sesuai dengan fakta yang ada, tidak ditambah, tidak dikurangi,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Selasa (17/11). Anies dipanggil untuk memberi klarifikasi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, saat acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab.

“Saya menerima surat undangan klarifikasi tertanggal 15 November 2020, yang saya terima kemarin, 16 November, sampai di kantor pukul 14.00 WIB siang. Polda Metro mengundang saya untuk memberikan klarifikasi pada 17 November, pukul 10.00 WIB pagi,” ujar Anies.

Seperti diketahui, surat undangan klarifikasi dengan nomor B/19925/XI/RES.1.24/2020/Ditreskrimum, Anies Baswedan diminta untuk hadir ke Subdit I Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya, sekitar pukul 10.00, Selasa (17/11/2020).