Sepanjang 2020, 1.778 Anggota Polri Dapat Penghargaan, 129 Dipecat

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (foto: Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menggelar rilis akhir tahun di Mabes Polri, Selasa (22/12). Dalam sambutannya, Idham menyebut pihaknya memberi penghargaan kepada ribuan anggota Polri yang berprestasi.

“Kami sudah berikan 1.778 penghargaan Kapolri dengan rincian 1.659 personel polri, 87 kepada warga masyarakat, 32 kepada instansi mitra polisi,” ujar Idham.

Selain penghargaan, lanjut Idham, Polri juga tidak segan menindak anggotanya yang melakukan pelanggaran. Bahkan ratusan anggota Polri diberhentikan secara tidak hormat sepanjang tahun 2020.

“Ada 1.326 putusan sidang disiplin dan 1.124 putusan sidang kode etik Polri. Dari hasil putusan, 129 anggota Polri dipecat atau pemberhentian tidak hormat,” katanya.

Lebih jauh Idham memaparkan, saat ini tidak ada anggota Polri yang non job lantaran tidak ada jabatan kosong. Menurutnya, seluruh anggota Polri telah memiliki pos jabatan masing-masing.

“Seluruh personel polri telah mendapatkan ruang jabatan, yang telah sekolah diberikan akselerasi. Saat ini sudah tidak ada istilah jabatan analisis kebijakan, seluruhnya bisa tempatkan,” pungkasnya.