Lomba Hias Tumpeng di HUT Kemerdekaan Diikuti Siswa dan Orang Tua

Reportase.tv, Banyumas – Para Orang Tua dan Siswa di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Sabtu ( 17/8) menghias tumpeng. Kegiatan ini dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 74, sekaligus sebagai bagian dari upaya mengenalkan serta pembelajaran kepada para siswa sejak dini dalam membuat tumpeng.

Lomba menghias tumpeng ini digelar di SDN Ajibarang Wetan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah. Acara digelar didalam ruang kelas sekolah setempat, diikuti para orang tua dan seluruh siswa kelas satu sampai enam secara perwakilan. kegiatan menarik dan sarat nuansa edukatif ini adalah lomba merias tumpeng ala banyumasan.

Para siswa dan orang tua tampak antusias mengikuti lomba tersebut. salah satu siswi bernama Gisa mengaku senang dan bangga mengikuti lomba menghias tumpeng. ginsa merasa mudah karena sebelumnya pernah belajar.

Sementara siswa lain Saladin justru merasa kesulitan karena kali pertama mengikuti lomba menghias tumpeng. meski hanya membantu, Saladin yang memiliki cita cita menjadi chef merasa puas bisa mengetahui begaimana cara membuat dan menghias tumpeng.

“Saya membuat tumpeng mami star,tidak ada kesulitan saat menghias tumpeng karena pernah belajar dirumah tante,ginsa yakin kelompoknya akan memenangkan lomba,” ucapnya.


“Saya membuat tumpeng,saya menghadapi kesulitan, saya membantu orang tua,”ungkap Saladin yang bercita cita menjadi chef.

Dewan juri yang diturunkan akan memberikan penilaian setiap kelompok. penilaian tersebut antara lain dari segi kreatifitas dalam menampilkan nasi tumpeng yang beragam, keunikan, rasa serta aman untuk dikonsumsi.


“Alasan lomba pembuatan tumpeng melibatkan siswa karena supaya anak anak ini mengetahui bagaimana cara membuat tumpeng. serta kekompakan sesama kelompok,” kata Eli Uswati, panitia lomba.

Panitia lomba sekolah SDN Ajibarang, Wetan Eli Uswati SPD Mengatakan, lomba menghias tumpeng di kalangan orang tua dan melibatkan siswa dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan. kegiatan ini sekaligus menggali kreatifitas dalam mengolah tumpeng dan cara menyajikan.

Dalam lomba ini peran anak membantu ibunya untuk menghias tumpeng. Selain melatih anak anak sejak dini dalam menghias tumpeng, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam acara HUT Kemerdekaan RI ke 74. Keikutsertaaan anak anak dalam lomba menghias tumpeng, bisa menambah wawasan dan kreatifitas anak. (Kusworo)