Siswa SMPN 7 Ikuti Pelatihan Pendidikan Karakter

Reportase.tv Medan – Dalam rangka membangun dan mengembangkan pendidikan karakter di dunia pendidikan, puluhan siswa SMP Negeri 7 Medan mengikuti pendidikan karakter dalam bentuk Kemah Remaja Literasi dan Pariwisata (KERLIP) di Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Jumat (13/3).

Kegiatan yang dilakukan oleh puluhan siswa SMP Negeri 7 Medan ini diinisiasi oleh Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI).

Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Medan, Irnawati mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan para siswa dapat menerapkan kegiatan literasi karakter maupun kegiatan lainnya yang ada di Kelurahan Belawan Bahari sebagai suatu wahana agar bisa membuat perbandingan.

“Dari kegiatan ini juga, lalu mereka terapkan baik di sekolah maupun di rumah sehingga menjadi pribadi yang utuh berkarakter seperti wacana merdeka belajar oleh kementerian,” katanya.

“Kepada semua pihak yang telah membantu khususnya YAFSI mengucapkan banya terima kasih semoga jalinan hubungan kerja sama ini dapat berlanjut untuk peningkatan karakter anak-anak kita selanjutnya,” sambung Irnawati.

Sementara itu, Ketua YAFSI Badriyah menuturkan bahwa Kerlip ini bertujuan untuk pembinaan karakter anak dengan merasakan langsung hidup bermasyarakat.

“Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dua malam, mulai dari Jumat (13/3) hingga Minggu (14/3) besok,” tuturnya.

Selain itu, Badriyah menjelaskan bahwa peserta akan diajarkan tentang jurnalistik dasar mengenai lingkungan.

“Mereka akan belajar bagaimana meliput, menulis berita dan wawancara warga tentang lingkungan di Belawan Bahari ini,” jelasnya.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh pihak Kelurahan Belawan Bahari menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kami bangga Kelurahan Belawan Bahari menjadi pilot project dari YAFSI dan SMP Negeri 7. Dan kami berharap Kelurahan ini memberi kesan yang baik untuk anak-anak ini,” tambah Lurah Belawan Bahari, Sonang Saing.

Kegiatan Kerlip ini akan dilakukan pada Jumat hingga Minggu. Sebagai bentuk aktualisasi program Merdeka Belajar dari Kemendikbud RI. (Re)