Suasana Haru, Pelepasan Bayi Kembar Dempet Usai Operasi

Reportase.tv Medan – Bayi kembar siam Adam dan Malik akhirnya dapat kembali pulang ke kampung halamannya ke Desa Manalu Purba, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Serah terima keduanya, dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Taput, orangtua, perwakilan Dinas Kesehatan Sumut, dan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Senin (26/8/2019).

Orangtua sang bayi, Nurida br Sihombing didampingi suaminya Juliadi Silitonga mengaku senang dengan kepulangan kedua anaknya. Hal ini sebutnya, memang sudah lama dinantikan oleh keluarga.

“Senang sekali, nggak bisa berkata-kata. Sudah 9 bulan disini, akhirnya bisa pulang,” ungkapnya.

Nurida menyebutkan, kepulangan anak ke tiga dan keempatnya ini juga nantinya akan disambut oleh warga desanya. Acara penyambutan akan dilangsungkan, ketika mereka nantinya telah sampai di kampung halaman.

“Rencana besok pulangnya. Sesampainya nanti, Adam dan Malik akan di upa-upa di kampung,” jelasnya.

Kendati begitu, Nurida mengaku, bayinya masih akan melakukan perobatan rutin di Rumah Sakit setempat sebulan sekali. Hal ini untuk mengecek perkembangan kondisi luka mereka, pasca operasi pemisahan dilakukan.

“Semoga anak saya ini nanti bisa menjadi dokter supaya bisa menolong orang lain,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Haji Adam Malik, dr Bambang Prabowo mengaku bahagia bisa menyerahkan kedua bayi kepada orangtuanya dalam keadaan sehat. Menurutnya, hal ini merupakan sumbangsih RSUP Haji Adam Malik kepada pemerintah Sumut.

“Saya serahkan kepada pemerintah Taput untuk di pantau dan dirawat. Karena kasus ini satu dari seribu kasus. Jadi kita apresiasi pada tim yang telah menangani ananda-ananda kita ini,” ucapnya.

Bambang menjelaskan, semenjak dirinya menjabat sebagai Direktur Utama, RSUP Haji Adam Malik telah beberapa kali melakukan operasi besar. Antara lain transplantasi, transplantasi ginjal, dan pemisahan bayi kembar siam.

“Untuk pemisahan bayi kembar siam sudah dua kali. Pertama Sahira dan Fahira, kemudian Adam dan Malik,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Taput Alexander Gultom sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada tim dokter RSUP Haji Adam Malik karena telah merawat dua warganya dengan baik. Menurutnya juga, RSUP Haji Adam Malik telah mengukir prestasi yang membanggakan.

“Ini prestasi yang sangat luar biasa. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada pihak rumah sakit. Kiranya jasa dari bapak ibu sekalian menjadi amal ibadah yang terbaik untuk semuanya,” ujarnya.

Alexander mengaku, saat pihaknya mendapatkan informasi mengenai pembiayaan, Pemkab Taput langsung memberikan bantuan. Bantuan itu kata dia, diserahkan pada bulan Juni lalu kepada keluarga, sebesar Rp 57 juta.

“Dan kita juga terus berkoordinasi hingga proses pemisahannya dilakukan. Kedepannya juga, kami akan terus berkomunikasi dengan keluarga mengenai kesehatannya,” pungkasnya.(Re)