Tebing Longsor  Tutup Akses Jalan Provinsi Penghubung Banjarnegara-Kebumen

Petugas dari BPBD dan sejumlah relawan dari TNI melakukan upaya pembersihan aterial tanah yang menutup jalan di Desa Glempang Kecamatan Mandiraja Banjarnegara.(foto/ahr)

 

Reportase.tv.Banjarnegara –Akibat hujan dengan intensitas tinggi di Kabupaten Bnajarnegara mengakibatkan Jalan provinsi yang menghubungkan Banjarnegara-Kebumen tepatnya di Desa Gandulekor Kecamatan MandirajaKabupaten Banjarnegara Jawa Tengah putus total akibat  longsor  dan tidak bisa dilewati. Pasalnya, tebing yang berada di jalur antar kabupaten ini longsor hingga menutup badan jalan.

“Tebing setinggi 10 meter dan lebar 50 meter longsor yang berada di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja ini longsor tadi malam. Sekitar pukul 10 malam. Sampai pagi ini, masih belum bisa dilewati kendaraan,” Kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Aris Sudaryanto kepada  media Rabu (13/1/2021)

Jalan propinsi yang menghubungkan Banjarnegara-Kebumen tertutup akibat tebing longsor tadi malam.(foto/ahr)

Aris menambahkan, pemkab Banjarnegara  segera melakukan pembersihan material tebing longsor tersebut. Beberapa alat bersat juga sudah dikerahkan untuk mempercepat proses pembersihan material tanah longsor tersebut

“Hari ini dilakukan pembersihan tanah longsor. Karena banyak dan ada bebatuan. Jadi untuk mempercepat akan mengerahkan alat berat juga,” lanjutnya

Untuk mengurai kemacetan akibat longsor tersebut lalu lintas Banjarnegara-Kebumen atau sebaliknya dialihkan ke jalur alternatif lain. Yakni melalui Merden, Kecamatan Purwanagara sambil menunggu proses pembersihan material tanah longsor.

Menurut Aris ruas jalan tersebut merupakan jalan kabupaten, namun kondisinya layak untuk dilalui. “Kami akan optimalkan pembukaan jalan secepat mungkin agar bisa kembali normal.

 

“Kalau jalan alternatif lain lewat Merden, Kecamatan Purwanegara. Itu jalan kabupaten, tetapi sudah bagus jadi sementara bisa lewat Merden,” katanya.(anhar)