Tindak Lanjut  PPKM Level 4, Pemkab Banjarnegara Kembali Salurkan Dana JPS

Warga di Desa Gumingsir menerima JPS PPKM dari pemkab Banjarnegara. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh BUpati Budhi Sarwono kepada salah satu warga terdampak covid-19.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Pemkab Banjarnegara kembali menyalurkan dana Jaring Pengaman Sosial (JPS) PPPM Level 4.

Pada Kamis (22/7/2021) giliran warga Desa Gumingsir Kecamatan Wanadadi yang menerima dana tunai JPS itu.

Pada kesempatan gersebut Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono didampingi Kajari Banjarnegara, Sigid J Pribadi SH MH, dan dinas terkait memberikan secara simbolis JPS kepada perwakilan warga.

Bupati Budhi Sarwono menjelaskan, dana atau anggaran yang diserahkan adalah  kewajiban Pemerintah sebagai tanggung jawab diterapkannya PPKM Darurat kepada masyarakat.

“Jadi sebenarnya ini bukan bantuan, tetapi lebih tepatnya adalah dana atau anggaran dari pemerintah daerah sebagai wujud kewajiban dan tanggung jawab saya selaku kepala daerah untuk masyarakat yang terdampak ” kata bupati Budhi

Budhi menambahkan, seperti instruksi dari pemerintah maka dana JPS adalah murni dari APBD Kabupaten Banjarnegara. Adapun dasarnya, instruksi Presiden lewat Menteri Dalam Negeri. Dan masing-masing daerah wajib mematuhinya.

“Mari kita salurkan dana JPS karena ini adalah hak mereka, karena dimasa pandemic ini tentu banyak warga yang membutuhkan dana untun mencukupi kebutuhan sehari-hari,” lanjutnya

Lebih jauh Budhi mengatakan, JPS PPKM diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak adanya wabah covid-19. Kebijakan ini menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021. Kabupaten Banjarnegara selalu mendukung apa yang memang menjadi arahan Pemerintah Pusat.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam penyaluran JPS PPKM bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Sedangkan Jumlah penerima di Desa Gumingsir sebanyak 71 KK dimana masing-masing KK menerima Rp. 300 ribu.

Dana JPS PPKM Darurat ini menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2021 sebesar Rp. 5.163.980.000, dengan total penerima manfaat ditargetkan sebanyak 16.658 KPM. Dari jumlah itu, sebanyak 17 ribu KK yang terdampak, masing-masing menerima bantuan tunai sebesar Rp. 300.000.(ahr)