Tingkatkan Performa Atlit, Tim BMX Banjarnegara Gelar Latihan Bersama

Rider dari ISSI Banjarnegara berlatih di sirkuit Bambu Runcing Kota Temanggung.(foto/doc.issi)

Reportase.tv Banjarnegara – Tim balap sepeda Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah kembali menggelar latihan bersama (Latber) untuk meningkatkan stamina dan performa atlit di sirkuit BMX Bambu Runcing, Temanggung Kamis (10/9/2020)

Latber diikuti 6 enam  Pembalap BMX yang tergabung dalam  Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Banjarnegara.

Ketua ISSI Banjarnegara M . Anhar mengatakan, latihan bersama digelar setelah sempat vakum dalam beberapa  bulan akibat pandemi corona.

“Ini latihan bersama yang pertama sejak pendemi, sebelumnya mereka berlatih sendiri dirumah atau paling banyak 3 orang jika berlatih di sirkuit,” katanya.

Latber tersebut digelar sebagai pemanasan dan persiapan menuju event Pordulongmas tahun 2021 dan Porprov Jawa Tengah yang rencananya digelar tahun 2022.

Selain dua event tersebut, para atlit balap sepeda nomor BMX tersebut juga bersiap untuk mengikuti event daerah dan nasional.

“Ada 5 bikers muda yang juga kita siapkan untuk kaderisasi khususnya untuk nomor BMX, mereka jga akan kita ikutkan di berbagai event,” lanjutnya.

Lebih jauh Anhar berharap pemkab Banjarnegara melalui KONI bisa menfasilitasi untuk pembuatan sirkuit BMX di Banjarnegara, sebab selama ini jika mau berlatih, para pembalap ini masih memakai sirkuit milik kabupaten lain, dan yang terdekat adalah sirkuit Bambu runcing  di Parakan, Kabupaten  Temanggung.

“Kadang kita juga berlatih di sirkuit Ganjuran Jogja, bahkan di Sirkuit di Jepara yang memenuhi standart lomba,” tambahnya.

Ia menambahkan, selain nomer BMX, ISSI Banjarnegara juga mempersiapkan untuk nomor Downhill dan nomor Road.

Untuk nomor Downhill Banjarnegara kini memiliki  4 orang atlit yang siap mengikuti event kejuaraan.

Sementara untuk nomor Road, saat ini ISSI Banjarnegara masih melakukan kaderisasi atau pencarian atlit muda potensial untuk melapisi minimnya  atlit senior di nomor Road.

ISSI Banjarnegara sendiri dalam Pordulongmas 2021 menargetkan 1 medali emas dan 1 medali perak dari nomor Downhill dan BMX. Sementara untuk nomor road pihaknya masih mencari tambahan atlit agar bisa terbentuk 1 tim atau minimal 3 orang.

“Sesuai harapan  dari KONI Banjarnegara,  Kita berupaya di Pordulongmas nanti bisa meraih 1 emas dan 1 perak dari nomor Downhill dan BMX,” katanya.<ahr>