TNI AL Tangkap Kapal Nelayan Bendera Malaysia di Selat Malaka

MEDAN, REPORTASE.TV –TNI Angkatan Laut kembali menangkap dua kapal berbendera asing yang diduga milik Malaysia di perairan Selat Malaka, Rabu (18/10/2017).

Kapal nelayan asing tersebut kini  diamankan di pangkalan utama TNI AL Lantamal 1 Belawan, beserta delapan awak kapalnya. Barang bukti berupa dua kapal beserta hasil tangkapan ikan yang disimpan di dalam palka kapal asing disegel oleh Lantamal 1 Belawan.

Selain menggunakan jaring halus, kapal ini juga  di lengkapi alat tangkap canggih yang dilarang Pemerintah  Indonesia karena dapat merusak habitat ikan.

Komandan Gugus Tempur Laut Armada Barat/ Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah  mengatakan, pencurian ikan yang dilakukan nelayan asing  di perairan laut Indonesia bukan pertama kali terjadi. Namun, dalam Operasi Samakta Udaya 2017, Koarmabar TNI AL gencar melakukan penjagaan di laut. Hal itu dilakukan mengingat laut Indonesia menduduki peringkat ketujuh terbesar di dunia. Dalam operasi terebut, tim angkatan laut berhasil mengamankan sepuluh kapal asing dengan sepuluh nakhoda kapal, lima di antaranya masih dilakukan proses hukum berlaku di Indonesia.

“Jika seluruh kasus kapal penangkapan ikan ini telah  berkekuatan hukum tetap, nantinya seluruh barang bukti kapal asing tersebut akan ditenggelamkan dengan cara diledakkan secara serentak di Indonesia,” tegas Arsyad Abdullah.(Erl)