Transisi New Normal DKI, MRT Kembali Beroperasi 100 Persen Tapi……

Reportase.tv, Jakarta – Masa transisi new normal di DKI Jakarta akan dimulai pada Jumat (5/6) besok. Ada sejumlah aturan yang diberlakukan saat transisi new normal.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sepeda motor boleh kembali berbocengan dan mobil dapat diisi penuh penumpang. Namun syaratnya, penumpang berasal dari keluarga sendiri.

“Silakan boncengan, kalau satu keluarga. Satu mobil boleh 100 persen diisi, asal satu keluarga,” ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6).

Untuk moda transportasi MRT, kata Anies, akan kembali dioperasikan, namun jumlah penumpang hanya diizinkan 50 persen. Selain itu, jarak antrean juga dibatasi satu meter.

“Ini semua masa transisi fase new normal. Akhir Juni akan dievaluasi,” katanya.

Warga Jakarta sudah boleh keluar rumah mulai, Jumat (5/6/2020) besok. Namun masyarakat diharuskan diwajibkan untuk mengenakan masker.

“Masa transisi hanya warga yang sehat boleh berkegiatan di rumah. Semua kegiatan kapasitas maksimal 50 persen, dan diwajibkan pakai masker,” jelasnya.

Dalam masa transisi new normal ini, sambung Anies, nantinya akan terus dievaluasi. Bila jumlah pasien virus corona terus meningkat, masa transisi new normal akan diakhiri, dan PSBB kembali diberlakukan.

“Mekanisme transisi bila ternyata kondisi mengkhawatirkan, semua direm,” kata Anies.