Tugas Berat Wagub Riza Patria, Menghilangkan Polarisasi Masyarakat Jakarta

Reportase.tv, Jakarta – Senator asal DKI Jakarta Jimly Assihiddiqie berpesan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria agar membantu semaksimal mungkin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Apalagi terdapat polarisasi warga DKI Jakarta sejak pemilihan Gubernur dan Pilpres 2019 lalu.

“Ada saja orang mengkritik Anies, bahkan mayoritas pendukung Jokowi di seluruh Indonesia itu tidak suka. Sebaliknya, kelompok yang satu lagi, apa pun yang dilakukan Anies dipuja-puji, belum apa-apa sudah dikaitkan dengan Pilpres 2024,” ujar Jimly.

Menurut Jimly, kredibilitas Anies rusak akibat dikait-kaitkan dengan Pilpres 2024. Sehingga apa yang dikerjakan Anies tidak efektif Gubernur Anies.

Kehadiran Riza Patria yang berasal dari Partai Gerindra dapat membuat Anies bekerja lebih lepas dan fokus. Apalagi saat ini Gerindra sudah menjadi partai koalisi di pemerintahan Jokowi.

“Pak Riza harus dapat menjadi penengah antara haters dan lovers itu, supaya kinerja yang tulus dari Pak Anies bisa efektif,” jelasnya.

Lebih jauh Jimly meminta Wagub DKI harus membuka dan menjalin komunikasi dengan pihak luar. Sehingga polarisasi masyarakat yang ada di Ibu Kota tidak terlalu kuat.

“Komunikasi publiknya harus merangkul. Jadi dia tidak diwarisi konflik dari Pilkada karena dia bukan produk Pilkada,” tandasnya.