UMM Gandeng Delta Anugerah Bahari Nusantara Tingkatkan Berbagai Kerjasama Pengembangan SDM

Reportase.tv Malang – Sambangi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), perusahaan terkemuka PT Delta Anugerah Bahari Nusantara (DABN) melakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU), Senin (28/10). Kerjasama meliputi penyelenggaraan kolaborasi riset, penyelenggaraan kegiatan ilmiah berupa kajian ilmiah, seminar dan lokakarya, hingga upaya peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumberdaya Manusia (SDM).

“Saya sebagai generasi kedua dari perusahaan ini, sangat sadar akan bagaimana pentingnya peran akademisi dalam membantu kami. Terutama di bidang peningkatan SDM. Karena, kami betul-betul memahami bahwa apa yang kami lakukan sekarang itu atas dasar teori dan teknik yang sudah diturunkan oleh para ahli melalui jurnal-jurnalnya sehingga bisa diaplikasikan,” ungkap Esti Nalurani selaku Chief Operating Officer.

Dilanjutkan oleh Esti bahwa keterkaitan antara praktisi dan akademisi dalam dunia industri dinilai sangat penting dan saling berkaitan. Sehingga apapun yang dilakukan oleh profesional bisa diaplikasikan. “Sementara riset yang dikerjakan oleh civitas akademika untuk menjadikan atau membuat sebuah temuan berupa teori baru dan jurnal baru, bisa dibagikan kepada semua orang begitupun sebaliknya,” ungkap Esti.

DABN merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang bergerak dalam Salvage & Underwater Services. “PT DABN memang perlu membuat suatu wahana pendidikan yang ada kaitannya dengan sertifikasi. Nah, di sanalah teman-teman yang nantinya akan ditempatkan untuk magang,” tukas wanita yang juga CEO Think Indonesia sekaligus founder program New Generation Development (NGD) Indonesia.

“Menurut undang-undang dan konstitusi, mendidik bangsa Indonesia itu bukan sekedar untuk membudayakan kerja, kerja, kerja. Tetapi membangun karakter bangsa. Oleh karena itu, saya harap melalui kerjasama ini nanti tidak hanya membentuk budaya kerja saja, namun membangun karakter bangsa juga,” pungkas Dr. Sidiq Sunaryo, SH., M.Si, M.Hum selaku Wakil Rektor III UMM sesaat sebelum menandatangani MoU. (Sfy)