UMP Serahkan Sertifikat PPG ke 278 Calon Guru

Reportase.tv, Purwokerto – Dalam rangka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan dan dalam Jabatan Periode IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyerahkan sertifikat pendidik. Penyerahan sertifikat dilangsungkan di Aula Ak.Anshori lantai 3, Kantor Pusat UMP, Jumat (10/1).

Penyerahan Sertifikat PPG ini dihadiri oleh Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho, M.S.I., M.H.I., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Drs Pudiyono M.Hum., dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs Takdir Widagdo, SH MSi.

Sedikitnya 278 mahasiswa yang lulus dan berhak menerima sertifikat profesi guru. Mahasiswa tersebut terdiri dari 5 bidang studi yakni Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho MSI MHI mengatakan bahwa untuk mendapatkan sertifikat profesi guru tentunya bukan suatu yang mudah. Diperlukan perjuangan dan banyak ujian, apalagi ditambah untuk mendapatkan sertifikat tersebut awalanya harus melalui seleksi masuk nasional dan di akhir ada ujian nasional pendidikan profesi guru.

“Untuk itu saya mengucapkan selamat dan sukses pada bapak-ibu yang menerima sertifikat PPG. Namun perlu diingat, bahwa ini merupakan awal dari perjalanan untuk menjadi guru yang lebih professional lagi dari sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs Takdir Widagdo, SH MSi. Menyatakan bahwa tentunya hari ini merupakan hari yang membahagiakan bagi para rekan-rekan guru. Karena salah satu persyaratan bagi untuk mejadi guru adalah dengan menerima atau memiliki sertifikat profesi guru.

“Hendaknya dengan kesempatan yang diperoleh ini, nanti ketika rekan-rekan guru kembali ke sekolah dapat melaksanakan dan mengimplementasikan pendidikan yang diperoleh selama mengenam pendidikan profesi guru di UMP,” tuturnya.

Menurutnya, setelah tahap ini akan ada pendataan guru yang telah menerima sertifikat profesi. Harapannya nanti seluruh rekan-rekan guru dapat mengajukan diri, agar nantinya bisa mendapatkan tunjangan profesi. (kus)