Update COVID-19 di Banjarnegara: Pasien Sembuh bertambah 5, Kasus Positif Corona Bertambah 4 Orang

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyerahkan surat keterangan sembuh COVID-19 kepada salah satu pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID 19.(foto/m.anhar)

Reportase.tv.Banjarnegara – Jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah yang dinyatakan sembuh bertambah 5 orang. Data tersebut didapat setelah 5 orang  yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 didapatkan  hasil evaluasi tes SWAB menjadi  negatif.

“Setelah dilakukan tes SWAB, kelima pasien tersebut dinyatakan negatif, sehingga dinyatakan sembuh,” kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono  saat siaran pers di rumah dinas bupati Jum’at (21/5/2020).

Lima orang pasien yang dinyatakan sembuh adalah Nyonya X asal Kecamatan Banjarmangu, Tuan Y dan Nyonya Y asal Kecamatan Purwanegara, Nyonya Y asal Kecamatan Pagedongan, serta tuan 22 asal Kecamatan Banjarmangu.

“Hari ini lima pasien yang sudah dinyakatan sembuh akan kami pulangkan ke rumahnya masing-masing,” lanjut Bupati.

Sementara berdasarkan hasil SWAB terbaru, didapatkan 7 orang dengan hasil SWAB negatif dan 4 orang terkonfirmasi positif COVID-19.

Adapun 4 pasien yang terkonfirmasi positif tersebut adalah Tn 29 asal Kecamatan Bawang. Pasien tersebut  merupakan klaster luar negeri, Kemudian Nona 31 asal Kecamatan Batur, Ia merupakan pasien yang melakukan kontak erat dengan klaster Gowa.

Sementara Tuan 31 asal Kecamatan Karangkobar yang merupakan klaster Magetan serta Nyonya 32 asal Kecamatan Purwanegara yang pernah melakukan kontak erat dengan Kalster Gowa.

HIngga saat ini di Kabupaten Banjarnegara terdapat pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak  36 orang. 15 orang sudah dinyatakan sembuh. Sementara 21 pasien masih dalam perawatan. “ 9 orang dengan RAPID Test Positif saat ini sedang menunggu hasil SWAB,” tambahnya.

Sedangkan jumlah pasien positif hasil RAPID tes positif yang semula berjumlah 16 orang , kini bertambah  4 orang, sehingga saat ini di Banjarnegara terdapat 20 orang dengan RAPID tes positif.

Pada kesempatan tersebut Bupati Budhi juga meminta kerjasama masyarakat untuk mengindahkan atau melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19, seperti dengan pemakaian masker, mencuci tangan, physical distancing dan lainnya.

“Sekali lagi, untuk menekan kasus COVID-19 di Banjarnegara ini  maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam melakukan upaya pencegahan virus ini,” kata Budhi. <ahr>