Warga Tak Pakai Masker, KTP Disita Petugas

Tim gabungan TNI Polri dan Dinas Perhubungan Banyumas menggelar razia masker. Warga yang tak pakai masker akan di beri sanski KTP disita. (Foto : Kus-Reptv)

Reportase.tv Banyumas — Dalam rangka upaya mempercepat penanganan dan pencegahan penyebaran wabah Virus Corona di wilayah Kabupaten Banyumas, dan sesuai Perda No 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Penyakit.

Tim gabungan menggelar penertiban wajib menggunakan masker di Jalur alternatif Penghubung Tiga Kecamatan, Kecamatan Ajibarang, Gumelar dan Pekuncen.

Razia Gabungan digelar oleh personel Polsek Ajibarang, Koramil 13, Satpol pp serta Pramuka peduli. Satu per satu pengendara motor dan mobil pribadi dan elf diberhentikan untuk diperiksa.

Warga yang kedapatan tidak mengenakan masker didata dan KTP mereka ditahan selama tiga hari. Bagi warga yang tidak membawa maupun memiliki KTP, petugas memberikan hukuman berupa push up sebanyak 4 kali.

“Razia ini digelar agar masyarakat sadar pentingnya mengenakan masker di saat pandemi Covid-19. Apalagi saat ini sudah ada perda yang mewajibkan seluruh warga untuk menggunakan masker,” kata salah satu anggota Polsek Ajibarang Bripka Haryo Eko Ardani selaku Tim Pelaksana Razia, Sabtu (09/05/2020).

Dalam razia kali ini tercatat 50 Pelanggar baik pemotor mau pun pengemudi yang melanggar tidak mengenakan APD masker. Para pelanggar tidak ditilang melainkan KTP mereka ditahan selama tiga hari dan bisa diambil di kantor kecamatan masing masing.”kata Haryo kepada reportase.tv

Razia masker ini akan berlangsung setiap hari di seluruh kecamatan di Kabupaten Banyumas wilayah Barat. Dengan razia ini seluruh warga Banyumas diharapkan lebih sadar menggunakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak.”pungkasnya. (kus/reptv)