WN Malaysia Diduga Seludupkan Masker Diamankan

Reportase.tv Medan -Polda Sumatera Utara mengamankan dua calon penumpang pesawat Malaysia Airline yang kedapatan membawa ribuan maskes berbagai merk, Rabu (11/12/2020).

Menurut data yang diperoleh, awalnya petugas keamanan bandara melihat tampilan monitor X-Ray yang mencurigakan. Selanjutnya petugas operator memberitahukan petugas pemeriksa barang dan petugas keamanan bandara melakukan pemeriksaan terhadap barang tersebut secara manual.

Setelah dilakukan pemeriksaan manual, ditemukan masker kesehatan dengan berbagai merk sebanyak 7 koli dengan jumlah sekitar 12000 lembar. Diketahui barang itu milik calon penumpang pesawat Malaysia Airline MH 865 dengan tujuan Kualanamo-Kuala Lumpur.

Kedua calon penumpang yang diketahui bernama Chan Hoong Seng (pria) dan Lim Yuke Song (wanita) warga negara Malaysia kemudian dibawa ke Posko Avsec. Selanjutnya, tim Avsec berkoordinasi dengan pihak Polda Sumut dan Bea Cukai. Kemudian, kedua warga Malaysia beserta barang bukti 12000 masker berbagai merk itupun dibawa ke Polda Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. “Ya kita menerima limpahan dari Avsec,” sebut Tatan, Kamis (12/3).

Sambung dia, untuk barang bukti masker seberat 7 Kg itu saat ini masih diamankan di Ditreskrimsus Polda Sumut. “Untuk dua warga WNA itu telah dikembalikan kepada konsultannya,” ucap dia.

Sementara itu, Wakil Direktur Reskrimsus Polda Sumut AKBP Bagus Suropratomo juga membenarkan adanya peristiwa ini. “Penyerahan dari Avsec,” singkat dia.

Namun ia enggan memberikan penjelasan yang mendalam lagi terkait hal tersebut. “Masih diperiksa, saya tidak bisa kasih komentar banyak,” sebut dia sambil meninggalkan wartawan. (Re)